Blog untuk Catatan dan Berbagi

Sate Ayam Ponorogo


image inforesep.com
           Sate ayam ini merupakan sate ayam yang berasal dari daerah Ponorogo Jawa Timur. Sate ayam Ponorogo ini berbeda dengan sate ayam biasanya atau sate ayam madura. Yang membedakan sate ini dengan sate yang lainnya adalah cara pemotongan dagingnya, daging ayam ini tidak dipotong seperti dadu seperti sate ayam biasanya. 

    Cara pemotongan daging ini dilakukan dengan cara daging disayat tipis panjang, sehingga selain daging terasa lebih empuk, lemak pada dagingnya juga dapat dihilangkan. Sate daging ayam Ponorogo ini biasanya disajikan dengan sate kulit, usus, dan telur ayam muda.
image rumahwanita.com
            Perbedaan lain antara sate Ponorogo dengan sate lainnya adalah sebelum daging dibakar, semua daging, usus dan kulit ini terlebih dahulu direndam dalam bumbu sehingga bumbu pada sate ini lebih meresap dan terasa. Setelah selesai dibumbuhi kemudian sate ini dipanggang diatas tungku yang terbuat dari tanah liat selama kurang lebih 5 menit. Tungku yang digunakan ini biasanya mempunyai lubang pada sisinya yang berfungsi sebagai tempat pengipas arangnya. Setelah sate setengah matang sate dibumbuhi dengan bumbu sepsial atau bumbu khas sate Ponorogo dan jika sudah matang sate ini diberi bumbu kacang yang sudah ditumbuk halus. Sate Ponorogo ini jarang dijual di daerah lain, jika ada itupun rasanya juga berbeda dengan yang aslinya. Jadi jika anda sedang berkunjung atau lewat di Ponorogo silahkan mampir dan makan sate Ponorogo ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sate Ayam Ponorogo

8 komentar:

  1. Waaahhh jadi lapar..Tampak enak dan gurih Mas...

    ReplyDelete
  2. Waaaahhhh, jadi pingin ke Gang Sate trus beli dan makan sate sepuasnya nih Sob. he heee...

    Oh ya, btw salam kenal, salam berbagi, dan bila berkenan jangan sungkan untuk berkunjung ke blog saya.

    Sekian dan terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  3. heheh
    iya gan silahkan mencoba,,,

    ok gan sudah berkunjung saya gan....

    ReplyDelete
  4. sate,,, I love it. apalagi sate ayam sambel kacang. hmmm enakkk...

    best regard,
    boomberita.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. sip gan memang enak,,,, :)
    pasti bikin ngiler heheh

    ReplyDelete
  6. heheh
    coba aja gan kalau berkunjung di ponorogo.

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas kunjungannya, semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Jika ada saran atau kritik tolong tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak.