Blog untuk Catatan dan Berbagi

Bandeng Asap Khas Sidoarjo


image infomesin.com
     Jika anda mendengar Bandeng Presto itu mungkin sudah biasa bagaimana jika dengan Bandeng Asap. Mungkin sebagian orang belum mengetahui apa itu Bandeng Asap, karena yang terkenal selama ini adalah Bandeng Presto. Bandeng Asap ini sebenarnya sama dengan Bandeng Presto karena kedua makanan ini berasal dari ikan Bandeng, tetapi yang membedakan keduanya ini adalah proses pengolahannya.

            Bandeng Asap merupakan oleh – oleh khas yang berasal dari kota Sidoarjo, sebenarnya Bandeng Asap ini sudah cukup terkenal sejak lama di daerah Sidoarjo, Surabaya dan sekitarnya. Makanan ini dinamakan Bandeng Asap dikarenakan ikan bandeng ini dimatangkan dengan cara diasap. Ikan Bandeng yang digunakan biasanya ikan bandeng yang berukuran sedang dengan berat sekitar 1,5 kg, hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat bandeng asap ini adalah membersihkan seluruh sisik ikan bandeng ini dan mengeluarkan semua isi perutnya agar tidak timbul bau amis setelah itu dibersihkan dengan air. Kemudian ikan bandeng direndam ke air garam selama kurang lebih dua jam. Setelah selesai direndam cuci kembali bandeng tersebut agar kandungan garamnya berkurang, kemudian ikan bandeng ditusuk dengan bambu agar lebih mudah untuk proses pengasapan. Bandeng asap yang sudah matang berwarna kuning kecokelatan setelah itu bandeng siap untuk dinikmati dengan sambal petis atau bisa jadikan lauk sesuai dengan selera. Jadi jika anda sedang berkunjung ke Jawa Timur atau ke Sidoarjo silahkan mampir untuk membeli buah tangan khas Sidoarjo ini, penjual Bandeng Asap ini mudah di jumpai dipinggir – pinggir jalan raya kota Sidoarjo.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bandeng Asap Khas Sidoarjo

8 komentar:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Kapan saya akan berwisata kesana Bos Menikmati Bandeng asap

    ReplyDelete
  3. tampaknya enak tuh ikan bila dimakan sama umbi atau singkong

    ReplyDelete
  4. belum pernah nyoba kalau dimakan sama ubi atau singkong,,

    ReplyDelete
  5. Pernah nyoba, rasanya memang gurih dan lezat

    ReplyDelete
  6. sip pak,,, silahkan sering2 mampir heheh

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas kunjungannya, semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Jika ada saran atau kritik tolong tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak.