Blog untuk Catatan dan Berbagi

Rujak Tingkep


     Mungkin sebagian besar orang belum mengetahui tentang rujak ini, karena rujak tingkep adalah rujak yang biasanya ada di daerah jawa. Di daerah saya, di Sidoarjo Rujak tingkep adalah rujak yang dibuat disetiap ada acara syukuran atau bahasa jawanya kundangan tujuh bulanan orang hamil. Syukuran tujuh bulanan atau di daerah saya yang biasanya disebut tingkep ini merupakan tradisi dari dulu, jadi jika ada orang hamil yang usianya kandungannya tujuh bulan maka orang tersebut biasanya membuat syukuran atau selametan. 


Di setiap syukuran inilah rujak tingkep ini dibuat, rujak ini rasanya cukup nikmat. Tidak seperti rujak biasanya yang menggunakan petis untuk bumbunya, rujak ini menggunakan gula jawa yang dicampur dengan kacang, asem jawa dan pisang selain itu isi rujak inipun berbeda. Rujak ini berisi Jeruk bali atau jeruk yang besar kemudian blimbing, mangga, timun dan mangga. Semua isinya ini dihaluskan dengan alat penghalus khas jawa yang nanmanya Parut, sampai sekarang tradisi membuat rujak tingkep disaat tujuh bulan ini masih dilestarikan di daerah saya. Semoga ini dapat bertahan terus menerus, selain karena rasanya yang enak, rujak ini juga merupakan rujak yang khas orang jawa jadi kita perlu untuk melestarikannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rujak Tingkep

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Atas kunjungannya, semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Jika ada saran atau kritik tolong tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak.