Blog untuk Catatan dan Berbagi

Hilangnya Permainan Tradisional


             Tidak bisa dipungkiri lagi sekarang jaman sudah sangat berkembang apalagi didunia teknologi, semua sudah bisa berbentuk digital dan praktis. Sebut saja handphone dan permainan anak – anak, barang – barang ini dapat kita peroleh dengan sangat mudah dan murah. Perskembangan teknologi ini memang sangat bermanfaat bagi kita semua, karena dengan kemajuan teknologi ini kita dapat berkomunikasi dan mencari informasi dengan sangat mudah. Memang  tidak dapat dipungkiri jika kita tidak mengikuti perkembangan ini kita akan dikira gaptek atau Gagap Teknologi. Tapi dilain sisi jika kita hanya berfokus pada perkembangan teknologi ini, maka hal ini akan juga berdampak kepada kebudayaan dan berbagai permainan tradisional kita.
Coba kita lihat sekarang, banyak anak kecil yang lebih suka bermain dengan Handphone atau permainan digital mereka dari pada mereka bermain dengan permainan tradisional kita. Hal itu juga yang saya rasakan terjadi di Daerah saya, saya tinggal di daerah Pedesaan di daerah Kabupaten Sidoarjo. Disini saat saya masih kecil, permainan tradisional sangat jadi favorit. Apalagi saat musim kemarau seperti ini pasti banyak yang bermain layang – layang. Tetapi sekarang saya lihat tidak ada yang bermain layang – layang, dahulu selain layang – layang banyak lagi permainan tradisional seperti gasing atau di desa saya disebut kekeyan hehe, kemudian kelereng, dakon, bak sodor. Sekarang permainan – permainan tersebut sangat jarang saya jumpai. Jadi selain perkembangan teknologi mari kita jaga permainan tradisional kita.
Terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hilangnya Permainan Tradisional

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Atas kunjungannya, semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Jika ada saran atau kritik tolong tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak.