Blog untuk Catatan dan Berbagi

Deformasi (Perubahan Bentuk)

Deformasi  adalah suatau perubahan bentuk akibat adanya tegangan sisa dalam logam las yaitu tegangan arah memanjang dan tegangan arah melintang. Deformasi ini disebabkan oleh pengembangan yang tidak uniform dari logam las selama  pemanasan dan pendinginan. Bila pendinginan ini dibiarkan membeku secara bebas maka volume dari logam cair tersebut akan mengalami penyusutan secara bebas dapat dilihat di gambar 1a dan gambar 1b.
clip_image002 clip_image004
alasan distorsi ini terjadi dapat dilihat di gambar dibawah ini :
clip_image006 clip_image008 clip_image010
Bila sebuah logam dipanasi secara seragam maka akan terjadi pengembangan kesegala arah dan setelah terjadi pendinginan maka akan terjadi kontraksi secara uniform sampai dimensi semula,lihat pada gambar 2a.
Bila suatu batang mendapat tahanan selama dipanaskan maka ekspansi kearah lateral tidak akan terjadi namun volume ekspansi harus terjadi sehingga batang akan mengalami ekspansi ke arah vertikal, lihat pada gambar 2b.
Bila batang tersebut kembali ketemperatur kamar maka konstraksi tetap terjadi kesegala arah secara uniform sehingga batang sekarang menjadi berubah bentuk dari bentuk semula, lihat pada gambar 2c.
sumber : Bpk Farid Moch. Zamil

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Deformasi (Perubahan Bentuk)

1 komentar:

  1. Terima kasih banyak.

    Artikael-artikel yang disajikan sangat membantu saya sebagai awam di dunia metalurgi


    Salam,
    Iwan Agus Setiawan

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas kunjungannya, semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Jika ada saran atau kritik tolong tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak.