Blog untuk Catatan dan Berbagi

Berbagi Dengan Anak – Anak di Lereng Gunung Merapi


        Sekitar 2 tahun yang lalu telah terjadi bencana alam yang besar di daerah Yogyakarta yaitu bencana alam Gunung meletus. Bencana alam ini juga merusak banyak fasilitas yang ada disana, selain itu meletusnya gunung Merapi ini juga menimbulkan korban jiwa. Selain gempa, meletusnya gunung merapi ini juga mengeluarkan lahar dingin. Lahar dingin ini juga menyebabkan terputusnya jalan – jalan yang ada disana dan menyebabkan penyaluran bantuan terhambat.
Pada musibah ini juga banyak anak – anak yang kehilangan keceriaan mereka, mereka takut akan bencana ini dan banyak juga dari mereka yang mengalami trauma akan bencana ini. Setiap kali mereka mendengar atau merasakan gempa mereka langsung menangis. Kejadian ini telah membuka hati banyak orang dan hati kami untuk membantu saudara – saudara kita yang ada disana, setelah mendengar berita itu kami langsung mengadakan pengumpulan dana untuk membantu saudara – saudara kita tersebut. Kami mengumpulkan dana melalui Forum Komunikasi dan Informasi Mahasiswa PPNS, lewat Forum ini kami menginformasikan kepada semua mahasiswa yang ingin berbagi dapat mengumpulkan bantuan baik dalam bentuk dana maupun barang – barang yang masih bisa di gunakan. Selain pengumpulan bantuan dari Mahasiswa kami juga mengajukan bantuan dari Kampus dan Dosen – Dosen kami, alhamdulillah Kampus dan Dosen kami memberi bantuan yang cukup besar. Setelah beberapa hari selesai mengadakan pengumpulan bantuan ini, kami langsung membelanjankan dana ini untuk membeli mie instan, beras, minyak, barang – barang dapur, dan mainan anak – anak. Dan keesokan harinya kami berangkat ke tempat bencana ini yaitu di Yogyakarta.
Perjalanan kesana dari Surabaya sekitar 7 jam, setelah tiba disana kita menemui teman kita dari Pecinta Alam dan dari Universitas lain yang sudah berada disana terlebih dahulu. Kami tidak langsung ke tempat bencana, kami beristirahat sebentar selain itu saat tiba disana sudah malam hari. Keesokan harinya kita menuju ke tempat penampungan warga dan beberapa kampung yang belum mendapat bantuan. Disini kami lebih memfokuskan untuk membantu anak – anak, karena kami rasa anak – anak sangat membutuhkan hiburan dan belajar. Karena saat bencana ini mereka belum bisa sekolah.

Setelah sampai di pemukiman warga kami langsung membagikan bantuan yang sudah kami kumpulkan tersebut. Setelah itu kami mengajak anak – anak bermain dan belajar, petama mengajak mereka untuk bermain dan belajar tidak mudah, mungkin mereka masih trauma dengan kejadian bencana alam ini. Tetapi setelah kami berikan mainan dan beberapa makanan sebagian dari mereka langsung tertarik dan lama kelamaan semuanya ikut bermain sambil belajar bersama kami. Dalam permainan ini kami ajak mereka bermain ketangkasan dengan permainan tali, bermain berhitung dan tanya jawab tentang pelajaran sekolah. Kegiatan ini kami lihat sangat membantu mereka untuk melupakan sejenak bencana yang mereka hadapi, terbukti dengan kegiatan ini mereka tertawa lepas tanpa ada beban. Setelah tidak terasa hari sudah menjelang sore kamipun kembali ke tempat penginapan kami untuk istirahat dan kembali esokan harinya.

Keesokan harinya kami kembali ketempat yang sama, untuk hari ini kami mengajak mereka untuk bermain dan belajar seperti kemarin kemarin. Tetapi untuk hari ini kami tidak terlalu lama, karena kami harus pulang ke Surabaya karena pada saat itu kami masih masuk kuliah. Saat meninggalkan mereka terasa tidak tegah, karena saya rasa mereka masih perlu suatu hiburan dan belajar. Tetapi kami juga harus mengikuti perkuliahan yang juga menjadi kewajiban kami. Semoga sedikit bantuan tadi dapat meringankan beban mereka.
Terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Berbagi Dengan Anak – Anak di Lereng Gunung Merapi

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Atas kunjungannya, semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Jika ada saran atau kritik tolong tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak.