Blog untuk Catatan dan Berbagi

Ngobrol bareng dengan Seorang Pedagang Tahu Tek

          Setiap malam hari banyak pedagang Tahu Tek ( makanan yang berisi lontong dan tahu yang dibumbuhi dengan Petis) lewat depan kosku. Kemarin lusa kebetulan perutku terasa lapar dan kebetulan juga ada penjual tahu tek yang lewat jadi aku beli tahu tek untuk mengisi perutku 2105833164_b3d45f02cdyang keroncongan. Aku pun pesan satu dan makan ditempat, sambil menunggu tahu tek pesenanku jadi aku pun mengajak ngobrol penjual tersebut.

         Ternyata Penjual tahu tek ini masih muda (17 tahun), tetapi dia sudah putus sekolah. Kemudian saya tanya kepada penjual ini mas kenapa tidak sekolah kan mas umurnya masih 17 tahun???? Dia menjawab, iya mas sebenarnya saya dulu sempat sekolah di bangku SMA tetapi ditahun kedua putus sekolah karena ketiadaan biaya. Dalam hati saya berkata “lagi – lagi banyak orang yang putus sekolah karena kekurangan biaya dan saya bersyukur karena saya masih diberi kesempatan untuk
sekolah hingga perguruan tinggi”. Sambil mengantarkan tahu teknya yang sudah jadi mas itu bilang di daerah saya di Lamongan masih banyak juga yang putus sekolah karena kekurangan biaya dan mereka lebih suka memlih bekerja daripada sekolah, kata penjual itu sudah menghabiskan biaya tetapi jaminan untuk bekerja tidak ada. Semua ini sudah menjadi kebiasaan orang di daerah saya, malah banyak yang baru lulus SMP langsung merantau untuk menjadi pekerja di kota. Selain itu, dirumah saya sering ada tawuran – tawuran antar kampung yang disebabkan hal – hal kecil seperti senggolan saat nonton hiburan dangdutan. Oleh karena itu saya lebih suka merantau daripada saya di rumah malah diajak tawuran.

        Pekerjaan yang banyak dipilih oleh orang di daerah penjual itu adalah jualan tahu tek, karena kata mereka di kota tempat mereka merantau jualan tahu tek adalah pekerjaan yang santai, hanya berjualan dimalam hari dan penghasilan yang dihasilkan lumayan. Setelah saya selesai makan tahu tek dan tak lupa untuk bayar hehehe saya pun kembali ke dalam kosan saya dan berfikir memang masih banyak orang – orang putus sekolah karena kurang biaya dan masih kurang pengertian atas pentingnya suatu pendidikan. Oleh karena itu, bagi kita semua yang mempunyai kesempatan untuk melanjutkan sekolah jangan sia – siakan itu. Selain itu jika kita menyia – nyiakannya kita akan berdosa karena kita sekolah masih dapat subsidi dan subsidi itu berasal dari uang rakyat. Mari kita lakukan yang terbaik dan Mari kita berjuang untuk Negara ini.......

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ngobrol bareng dengan Seorang Pedagang Tahu Tek

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Atas kunjungannya, semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Jika ada saran atau kritik tolong tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak.