Blog untuk Catatan dan Berbagi

SAWAH dan PABRIK

Dilihat dari judul di atas kita bisa membayangkan perbedaan yang mencolok dari keduanya yaitu pabrik tempat polusi dan sawah tempat dimana ada udara sejuk dan segar, tapi keduanya memiliki kesamaan yaitu sama – sama tempat untuk mencari nafkah. Pabrik tempat mencari nafkah untuk buruh pabrik dan sawah untuk Petani. Tetapi sekarang sawah yang sejuk dan udaranya yang bersih sudah banyak yang berubah menjadi pabrik – pabrik yang besar dan menimbulkan polusi.

image
       Memang hal itu tidak bisa dipungkiri lagi, hal tersebut adalah salah satu dampak dari pembangunan berjalan sangat pesat. Sehhingga sekarang banyak pabrik – pabrik yang bemunculan hingga daerah pedesaan dan menggusur sawah – sawah yang udaranya bersih dan sejuk. Selain itu dengan adanya pabrik – pabrik yang masuk kedaerah juga berdampak pada regenerasi petani karena kebanyakan petani adalah petani yang sudah tua dan jarang anak muda yang ingin jadi petani, mereka kebanyakan ingin jadi buruh pabrik. Hal iini dikarenakan bekerja di pabrik dapat memakai pakaian yang cool/gaya dan di sawah harus becek – becek. 

         Selain itu, bekerja menjadi petani juga keuntungannya tidak tetap kadang naik dan kadng turun, hal itu disebabkan karena panen yang diperoleh. Sedangkan di pabrik menurut banyak orang gajinya tetap sehingga mereka memilih lebih aman untuk menjadi pegawai pabrik.

         Jadi untuk pemerintah atau siapapun mari kita pikirkan atau renungkan nasib petani kita, karena dulu kita adalah salah satu penghasil terbesar di Asia tetapi sekarang kita malah banyak mengimpor bahan pangan dari luar negeri.

          Kejadian ini terjadi di daerahku yaitu daerah Sidoarjo, tepatnya di kecamatan Wonoayu, Prambon dan Krian. Di kecamatan ini banyak sawah yang berubah menjadi pabrik dan perumahan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : SAWAH dan PABRIK

2 komentar:

  1. Harusnya dicari objek lain, biar lebih informatif.. mis: "Pabrik Menggusur Persawahan di Cimahi" jadi enak bacanya, bukan wacana dan opini saja. trim's.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak terima kasih atas sarannya,,,
      sudah saya tambahi masalah keterangannya..

      Delete

Terima Kasih Atas kunjungannya, semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Jika ada saran atau kritik tolong tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak.