Blog untuk Catatan dan Berbagi

Posisi Tubuh Ketika Menggunakan Komputer yang Baik dan Benar

Penggunaan komputer diseluruh dunia mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Dengan adanya komputer, pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat. Namun penggunaan komputer juga memberikan efek merugikan terhadap kesehatan pemakainya.

DSCI0074 (Medium)
Ketika kita menggunakan komputer dan kadang-kadang kita merasakan rasa lelah, nyeri khususnya dibagian tangan, atau mata terasa penat, Gangguan kesehatan lain yang paling banyak dilaporkan akibat pengguna komputer adalah gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan dapat menimbulkan kelainan fisik. Hal ini terjadi karena saat penglihatan menjadi kabur, maka pengguna komputer akan mengubah posisi tubuh maju kedepan mendekatkan diri agar dapat melihat objek 'yang ada di monitor lebih jelas. Gangguan penglihatan yang disebabkan karen penggunaan komputer Hal tersebut bisa disebaban karena kita salah didalam mengatur posisi anggota tubuh kita. Kita harus mengatur posisi sehat di depan komputer. Hal-hal seperti ini adalah salah satu contoh permasalahan yang menyinggung tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) setiap hari. Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3), adalah suatu aspek yang harus pertama kali menjadi perhatian dalam melakukan setiap kegiatan apapun, termasuk ketika bekerja menggunakan komputer. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bekerja dengan komputer dapat menyebabkan gangguan kesehatan bahkan keselamatan. 
     Oleh karena itu, K3 merupakan aspek yang harus menjadi perhatian apabila bekerja dengan komputer. Penelitian yang sudah dilakukan menyimpulkan bahwa pengguna komputer dapat menderita nyeri kepala, nyeri otot, dan tulang terutama bahu, pergelangan tangan, leher, punggung, dan pinggang bagian bawah. Selain itu, pengguna komputer juga masih dapat terserang penyakit lain seperti kesemutan, badan bengkak, anggota badan kaku, sakit ginjal, mata merah, berair, nyeri, dan bahkan gangguan penglihatan.

Posisi tubuh, posisi peralatan komputer, pencahayaan ruangan, dan kondisi lingkungan sangat mempengaruhi kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan saat bekerja dengan komputer.
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk terhindar resiko bekerja dengan komputer adalah sebagai berikut :
1. Aturlah posisi tubuh ketika bekerja menggunakan komputer sehingga merasa aman;
2. Aturlah posisi perangkat komputer dan ruangan sehingga merasa nyaman;
3. Makan, minum dan beristirahatlah yang cukup. Jangan menahan-nahan membuang air kecil karena terlalu asyik bekerja menggunakan komputer;
4. Sesekali gerakanlah badan untuk mengurangi ketegangan otot dan pikiran. Olah ragalah secara teratur;
Sesekali alihkan pandangan ke luar ruangan untuk relaksasi mata.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Posisi Tubuh Ketika Menggunakan Komputer yang Baik dan Benar

2 komentar:

  1. wah klo q biasa tiduran :D

    klo itu dampakna gmna mas ?

    ReplyDelete
  2. iya memang kalau sambil tidur enak, jd PW heheh
    tapi sambil tidur membuat mata kita cepat lelah ..
    selain itu kalau terlalu lama dapat membuat punggung kita sakit...

    terima kasih telah berkunjung ... :)

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas kunjungannya, semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Jika ada saran atau kritik tolong tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak.