Blog untuk Catatan dan Berbagi

Pengaruh MiniMarket terhadap Pasar Tradisional

Keberadaan pasar modern akhir – akhir ini mulai menjamur dan berkembang di masyarakat. Tidak hanya di kota-kota besar tetapi sudah sampai kota kecil di pelosok Indonesia. Sangat mudah menjumpai minimarket atau supermarket  di sekitar tempat tinggal kita. Contohnya saja di tempat saya, di daerah Prambon.
Di kecamatan ini ada tiga minimarket dan tidak jauh di kecamatan sebelah selatan juga ada minimarket, jarak antar minimarket ini tidak terlalu jauh dari pusat keramaian dan pasar Prambon. Memang tempat-tempat tersebut (mini market) menjanjikan tempat belanja yang nyaman dengan harga yang tidak kalah menarik. Namun di balik kesenangan tersebut ternyata telah membuat para pedagang di pasar tradisional mengeluh. Padahal bila dibandingkan harga di pasar tradisional dan pasar modern, lebih murah di pasar tradisional.
          
         Memang selama ini pasar tradisional banyak yang menganggap tempat belanja yang kumuh, becek serta bau, dan karenanya hanya didatangi oleh kelompok masyarakat kelas bawah. Gambaran pasar tersebut harus diubah menjadi tempat yang bersih dan nyaman bagi pengunjung. Dengan demikian masyarakat dari semua kalangan akan tertarik untuk datang dan melakukan transaksi di pasar tradisional.

       Selain itu masyarakat memang harus lebih bijak lagi dalam membelanjakan uangnya, termasuk ketika membeli kebutuhan hidup sehari-hari. Mungkin selama ini terbiasa berbelanja bulanan pasar modern seperti supermarket atau yang lainnya, sudah waktunya untuk berbelanja di pasar tradisional. Selain lebih murah, kita pun bisa turut membantu meningkatkan taraf kesejahteraan para pedagang kecil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengaruh MiniMarket terhadap Pasar Tradisional

2 komentar:

  1. sepakat, harus ada erbaikan dari pasar tradisional,,
    tapihanya saja jangan eruah esensi dari psar tradisonal :D

    http://ben10yekti.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. hehe iya saya juga setuju karna pasar tradisional yang menikmati keuntungannya adalah banyak orang,, kalau mini market cuma pemilik mini market dan beberapa pegawai saja..

    terima kasih atas kunjungannya...

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas kunjungannya, semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Jika ada saran atau kritik tolong tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak.